4 Pertimbangan memilih rumah sakit untuk melahirkan

4 Pertimbangan dalam Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan

Diposting pada

Di mana Anda akan melahirkan nanti? Pertanyaan ini penting untuk dijawab mengingat proses persalinan bukanlah hal yang main-main. Bahkan proses persalinan dapat disamakan dengan peperangan. Sebab Anda akan berjuang menyelamatkan diri Anda sendiri dan bayi Anda hingga proses persalinan selesai. Maka oleh sebab itu Anda harus mempunyai pertimbangan-pertimbangan dalam memilih rumah sakit untuk melahirkan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang 4 pertimbangan dalam memilih rumah sakit untuk melahirkan. Hal ini penting, karena Anda harus mempunyai tempat persalinan yang Anda idam-idamkan dan sangat berkomitmen membantu Anda dengan kesabaran hingga Anda dan bayi Anda terselamatkan. Dan inilah 4 pertimbangan tersebut.

1. Dikenal Baik Reputasinya

Pastikanlah bahwa RS yang akan Anda jadikan untuk bersalin tidak pernah dituntut secara hukum atas kasus dugaan malpraktik dan tidak caesar minded (Menyarankan persalinan dengan cara cesar). Karena jika RS mempunyai beberapa masalah tersebut, bisa dikatakan akan membuat Anda tidak nyaman bahkan bisa membuat Anda dalam bahaya.

Selain itu, tanyakan juga reputasi rumah sakit tersebut pada beberapa saudara atau teman yang lebih tahu atau yang pernah melakukan persalinan di RS tersebut. Hal ini dikarenakan Anda akan mendapatkan penilaian terhadap RS lebih valid karena orang yang pernah melakukan persalinan di RS tersebut sudah mempunyai pengalaman.

2. Lokasi Mudah Dijangkau

Hal lain yang tak kalah penting adalah lokasi RS itu berada. Pertimbangkanlah lokasi RS yang dekat dan mudah dijangkau dari rumah atau kantor. Hal ini sangatlah penting karena untuk mengantisipasi terjadinya kelahiran yang secara tiba-tiba.

3. Mendukung IMD dan ASI Eksklusif

Rumah sakit yang mengupayakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bisa menjadi pertimbangan ideal untuk Anda jadikan tempat besalin. Hal ini dikarenakan bahwa IMD memiliki banyak manfaat, di antara yaitu:

  1. Menurunkan risiko kematian karena hipotermia (kedinginan).
  2. Membantu pernapasan dan detak jantung bayi lebih stabil.
  3. Bayi memperoleh bakteri yang tak berbahaya (bakteri baik) dalam ASI ibu.
  4. Bayi mendapatkan Kolostrum (ASI Pertama) yakni cairan berharga yang kaya akan antibodi (zat kekebalan tubuh) dan zat penting lainnya untuk pertumbuhan usus. Antibodi dalam ASI penting demi ketahanan tubuh terhadap infeksi, sehingga menjamin kelangsungan hidup sehat sang bayi.
  5. Bayi yang menyusu sejak dini akan lebih berhasil menyusu ASI eksklusif dan dapat mempertahankan menyusu setelah 6 bulan.
  6. Sentuhan, kuluman/ emutan, dan jilatan bayi pada puting ibu akan merangsang keluarnya oksitosin yang dapat menyebabkan rahim berkontraksi, sehingga dapat membantu mengeluarkan plasenta dan mengurangi pendarahan ibu. Selain itu juga merangsang hormon lain yang membuat ibu tenang, rileks, dan mencintai bayinya. Di samping itu ibu juga akan lebih kuat menahan sakit / nyeri (karena hormon meningkatkan ambang nyeri) dan merangsang pengaliran ASI dari payudara, sehingga ASI cepat matang dan lebih cepat keluar.

Baca juga : Cara Tepat Memilih Dokter Kandungan

4. Pilih Rumah Bersalin, RS Ibu dan Anak, atau RS umum?

Sebelum Anda memilih di antara ketiga pilihan di atas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara rumah bersalin, rumah sakit ibu dan anak, maupun rumah sakit umum, terutama dalam masalah fasilitasnya. Berikut penjelasannya:

  1. Rumah bersalin memiliki fasilitas berupa alat bantu persalinan dan inkubator. Selain itu, biaya perawatannya lebih murah bilan dibandingkan dengan RSIA atau RSU.
  2. Rumah sakit ibu dan anak menggunakan fasilitas seperti alat bantu persalinan yang lebih komplit daripada rumah bersalin, misalnya ruang oprasi, inkubator, NICU, dan ICU. Biasanya rumah sakit semacam ini merupakan tempat pemeriksaan masalah kandungan.
  3. Sedangkan rumah sakit umum mempunyai fasilitas sama dengan RSIA, seperti alat bantu persalinan, inkubator, ruang operasi, NICU, dan ICU. Rumas sakit ini juga bisa digunakan sebagai tempat pemeriksaan untuk berbagai macam penyakit. Jadi kelebihannya rumah sakit ini tidak hanya fokus dalam penanganan persalinan saja.

Setelah mengetahui perbedaan di antara ketiganya terutama dalam bentuk fasilitas, semoga Anda lebih mudah menetukannya, aamiin.

Baca juga : 20 Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta

Penutup

Semoga pembahasan tentang 4 pertimbangan dalam memilih rumah sakit untuk melahirkan di atas dapat membantu Anda lebih mudah mencari rumah sakit idaman. Saya mengajak Anda untuk berlangganan di website dosenmuslim.com secara GRATIS agar Anda selalu mendapat ilmu terbaru. Caranya isi kolom berlangganan di pojok kanan atas. Terima kasih dan sampai bertemu di pembahasan lainnya.

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.