manfaat filsafat terhadap pendidikan

Manfaat Filsafat terhadap Pendidikan Beserta Referensinya

Diposting pada

Manfaat Filsafat Terhadap Pendidikan

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan ilmu tentang manfaat filsafat terhadap pendidikan, dan di dalamnya juga dicantumkan referensinya.


Manfaat Filsafat Terhadap Pendidikanmanfaat filsafat terhadap pendidikan

Zanti Arbi sebagaimana dikutip oleh Made Pidarta menceritakan tentang maksud filsafat pendidikan sebagai berikut:

  1. Maksudnya adalah memberi inspirasi kepada para pendidik untuk melaksanakan ide tertentu dalam pendidikan. Melalui filsafat tentang pendidikan, filosof memaparkan idenya bagaimana pendidikan itu, ke mana arah pendidikan itu, siapa saja yang patut menerima pendidikan, dan bagaimana cara mendidik serta peran pendidik.
  2. Yaitu memeriksa secara teliti bagian-bagian pendidikan agar dapat diketahui secara jelas validitasnya. Hal ini perlu dilakukan agar dalam menyusun konsep pendidikan secara utuh tidak terjadi kerancuan, tumpang tindih serta arah yang simpang-siur.
  3. Yaitu upaya menjelaskan maksud atau memberi pengarahan kepada pendidik melalui filsafat pendidikan. Yang dijlelaskan bisa berupa hakikat manusia, aspek-aspek peserta didik yang patut dikembangkan; proses perkembangan itu sendiri, batas-batas keterlibatan pendidik, arah pendidikan yang jelas, target-target pendidikan bila dipandang perlu sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat anak-anak.
  4. Yaitu memeriksa atau meneliti kebenaran suatu teori pendidikan. Pendidik tidak dibenarkan mengambil begitu saja suatu konsep atau teori pendidikan untuk dipraktekkan di lapangan. Pendidik seharusnya mencari sendiri konsep-konsep pendidikan di lapangan atau melalui penelitian-penelitian.[1]

Baca juga: Pendekatan-pendekatan filsafat pendidikan Islam


Referensi Buku

[1] Made Pidarta, Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997, hal. 86-89.

 

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.