Pembagian Fi'il

Pembagian Fi’il dalam Ilmu Nahwu Di Kitab Jurumiyyah

Diposting pada

Pembagian Fi’il

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang pembagian fi’il yang dilengkapi dengan referensi buku/kitabnya. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari ilmu tersebut di bawah ini.


Pembagian Fi’il

الا فعال ثلاثة ماض ومضارع وامر نحو ضرب يضرب واضرب

Fi’il itu ada tiga macam, yaitu fi’il madhi, fi’il mudhari’, dan fi’il amar,[1] contoh: نَصَرَ يَنلْصُرُ نَصْرًا   atau  ضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبًا

Pengertian dan alamatnya fi’il madhi

ما دلّ على حدث مضى وانقضى وعلامته ان تقبل تاء التّأنيث السّاكنة

Lafadz yang menunjukkan makna kejadian (perbuatan) yang telah berlalu. Alamatnya ialah sering dimasuki ta’ ta’nits yang disukun.[2] Contohnya seperti di bawah ini:

فَعَلَ  menjadi فَعَلَتْ

نَصَرَ  menjadi نَصَرَتْ

عَلِمَ menjadi عَلِمَتْ

اِسْتَخْرَجَ  menjadi اِسْتَخْرَجَتْ


Baca juga: Tanda-tanda fi’il madhi, mudhari’, dan amar


Pengertian dan alamat fi’il mudhari’

ما دلّ على حدث يقبل الحال والاستقبال وعلامته  أن يقبل السّين وسوف ولم ولن

Lafadz yang menunujukkan makna kejadian (perbuatan) yang sedang berlangsung dan yang akan datang. Alamatnya ialah, sering dimasuki, sin, saufa, lam, dan lan.[3] Contoh;

يَقُوْلُ  menjadi سَيَقُوْلُ    

تَعْلَمُ menjadi  سَوْفَ تَعْلَمُ

يَلِدْ  menjadi  لَمْ يَلِدْ

يَبْرَحُ  menjadi  لَنْ يَبْرَحَ

Pengertian dan alamat fi’il Amar

ما دلّ على حدث في المستقبل وعلامته أن يقبل ياء المؤنّثة المخاطبة ويدلّ على الطّلب نحو اضرب  فصار اضربي أنصر فصار أنصري

Lafadz yang menunjukkan makna kejadian (perbuatan) pada masa yang akan datang (perintah). Alamatnya ialah; sering diberi ya’ muannats mukhatabah dan menunjukkan makna thalab (tuntutan),[4] seperti contoh di bawah ini:

اُنْصُرْ   menjadi  أُنْصُرِي  

اِضْرِبْ  menjadi  اِضْرِبِيْ

Di dalam nadham ‘Imrity juga dijelaska sebagai berikut;

أفعالهم ثلاثة في الواقع * ماض وفعل الامر والمضارع

Menurut mereka (Ahli Nahwu) fi’il mempunyai tiga fungsi yaitu: fi’il madhi, fi’il amar, dan fi’il mudhari’.[5]

pembagian fi'il


REFRENSI BUKU

[1] KH. Moch Anwar, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jjurumiyyah dan ‘mrithy, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995), cet. ke 6, hal, 55.

[2] KH. Moch Anwar, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jjurumiyyah dan ‘mrithy, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995), cet. ke 6, hal, 55.

[3] KH. Moch Anwar, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jjurumiyyah dan ‘mrithy, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995), cet. ke 6, hal, 55.

[4] [4] KH. Moch Anwar, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jjurumiyyah dan ‘mrithy, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995), cet. ke 6, hal, 56.

[5] KH. Moch Anwar, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jjurumiyyah dan ‘mrithy, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995), cet. ke 6, hal, 56.

 

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I