Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Tematik

Implementasi Pembelajaran Tematik Lengkap dengan Referensinya

Diposting pada

Implementasi Pembelajaran Tematik

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan membagikan ilmu tentang implementasi pembelajaran tematik yang dilengkapi dengan referensi bukunya. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari ilmu tersebut di bawah ini.


Implementasi Pembelajaran TematikImplementasi Pembelajaran Tematik

Adapun prosedur dalam penerapan pembelajaran tematik secara umum mengikuti tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.

  1. Perencanaan

Sebelum melaksanakan pembelajaran idealnya seorang guru harus membuat perencanaan yang berhubungan dengan pembelajaran. Karena perencanaan meliputi segala aspek tentang pembelajaran atau suatau rancangan yang diperhatikan guru sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Baik tidaknya rencana pembelajaran yang disusun sangat mempengaruhi tahap pembelajaran yang dilaksanakan dan tujuan yang diharapkan.[1]

Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga terdapat unsur-unsur utama yang harus ada di dalamnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Tujuan yang hendak dicapai berupa bentuk-bentuk tingkah laku apa yang diinginkan untuk dimiliki siswa setelah terjadi proses belajar mengajar.
  2. Bahan pelajaran atau isi pelajaran yang dapat mengantar siswa mencapai tujuan.
  3. Metode dan teknik yang digunakan, yaitu bagaimana proses belajar mengajar yang akan diciptakan guru agar siswa mencapai tujuan.
  4. Penilaian, yakni bagaimana menciptakan dan menggunakan alat untuk mengetahui tujuan tercapai atau tidak.[2]

Berdasarkan uraian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa unsur-unsur yang sangat penting dalam perencanaan pembelajaran yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, memilih dan mengembangkan bahan pelajaran, merencanakan kegiatan belajar, dan merencanakan penialaian. Di sinilah arti pentingperencanaan pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus harus menyusun rencana pembelajarannya secara baik. (Baca juga: Pengertian Pembelajaran Tematik PAI)

  1. Pelaksanaan

Pelaksanaan pembelajaran merupakan proses berlangsungnya belajar mengajar di kelas yang merupakan inti dari kegiatan di sekolah. Jadi, pelaksanaan pembelajaran adalah interaksi antara guru dengan peserta didik dalam rangka menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Adapun pelaksanaan dalam pembelajaran tematik PAI merupakan implementasi dari RPP, meliputi bahan ajar atau materi, kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup). [3]

  1. Penilaian Pembelajaran

Penilaian pembelajaran adalah usaha mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari perkembangan yang telah dicapai, baik yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran. Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga komponen tersebut dilaksanakan dengan menggunakan teknik dan instrumen penilaian yang berbeda-beda, tetapi tetap berimbang dan berfungsi saling melengkapi antara satu dengan yang lain.[4]

Tujuan penilaian antara lain adalah untuk mendapatkan pembuktian yang akan mengukur sampai dimana tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Secara garis besar dalam proses pembelajaran, penilaian memiliki tiga fungsi pokok yaitu 1) Untuk mengukur kemajuan dan perkembangan peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran selama jangka waktu tertentu, 2) Untuk mengukur sampai dimana keberhasilan sistem pengajaran yang digunakan, 3) Sebagai bahan pertimbangan dalam rangka melakukan perbaikan proses pembelajaran. Selain itu evaluasi juga dapat digunakan untuk bahan pertimbangan bagi bimbingan individu peserta didik, membuat diagnosis mengenal kelemahan-kelemahan dan kemampuan peserta didik, bahan pertimbangan bagi perubahan perbaikan kurikulum.[5]

[1] Ahmad Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014), hlm. 39.

[2]Ahmad Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014), hlm. 40.

[3]Tinta Guru, ’’Perbedaan Karakteristik RPP KTSP dan Kurikulum 2013”. http://www.perbedaan-karakteristik-rpp-ktsp-dan-kurikulum-2013.html/18/11/2015.

[4] Peny Iswindarti, Siap Menyongsong Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Gava Media, 2014), hlm. 206

[5] Harjanto, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm. 277.


 

 

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I