Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Kriteria Pemilihan Media Pemebalajaran Dilengkapi dengan Referensinya

Diposting pada

Kriteria Pemiliha Media Pemebalajaran

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan membagikan ilmu tentang Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yang dilengkapi dengan Referensinya. Penasaran?  Mari kita pelajari ilmu tersebut di bawah ini.


Kriteria Pemiliha Media Pemebalajaran

Kriteria pemilihan media itu harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, kondisi dan  keterbatasan dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat karakteristik media yang bersangkutan.

Seperti telah diuraikan, kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media merupakan bagiandari sistem instruksional secara keseluruhan. Untuk itu, ada beberapa kriteria yang patut diperhatikan dalam memilih media.

1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah yaitu kognitif, efektif, dan psikomotor.

2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi. Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Media yang berbeda. Agar dapat membantu proses pembelajaran secara efektif media harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental siswa. (Baca juga: Langkah-langkah dalam Pemilihan Media Pembelajaran)

3. Praktis, luwes, dan bertahan

Jika tidak tersedia waktu, dana atau sumber daya lainya untuk memproduksi, tidak perlu dipaksakan.

4. Guru terampil menggunakannya

Ini merupaka salah satu kriteria utama, apapun media itu, guru harus mampu menggunkannya dalam proses pembelajaran. Nilai dan manfaat media amat ditentukan oleh guru yang menggunakannya.

5. Pengelompokan sasaran

Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya jika digunakan pada kelompok kecil atau perorangan. (Baca juga: Pengertian Media Pembelajaran)

6. Mutu teknis

Pengembangan visual baik gabar maupun fotograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu.[1]


Referensi Buku

[1] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 75-76

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.