Keutamaan Shalat Dhuha menurut Hadits Shahih

Diposting pada

Prolog Keutamaan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Melalui Haditsnya, banyak sekali keutamaan-keutamaannya yang telah disampaikan oleh Rasulullah. Dan berikut ini adalah keutamaan-keutamaannya dalam hadist shahih.

1. Sedekah Bagi Seluruh Persendian Tubuh

Dari Abu Dzar al-Ghifari, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Di setiap sendi seseorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan laa ilaaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu Akbar) adalah sedekah, menyeruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala.” (HR. Muslim)

Baca juga: Hal-hal yang membatalkan shalat menurut fiqih

2. Keuntungan yang Besar

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash bercerita:

Rasulullah SAW mengirim sebuah pasukan peran. Beliau berkata, “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!”

Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perangdan banyaknya ghanimah yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena jaraknya memang dekat)

Lalu Rasulullah SAW berkata, “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungannya) dan cepat kembalinya? mereka menjawab, “ya”

Rasulullah SAW berkata, “Barang siapa yang berwudhu, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” (Shahih at-Targhib: 666)

Baca juga: Keutamaan shalat Dhuha dalam Hadits Shahih 2

3. Disediakan Rumah di Surga

Bagi yang rajin mengerjakan shalat tersebut, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’: 634)

MAN KHODAMA KHUDIMA

“Barang siapa melayani, maka akan dilayani”

Itulah beberapa hadits shahih tentang keutamaan shalat Dhuha dan semoga kita semua daapt menjalankan shalat dhuha secara istiqamah amin. Baca niatnya di sini

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I