Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangan dalam Pemilihan Media

Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangan dalam Pemilihan Media

Diposting pada

Faktor-Faktor Yang Harus Dipertimbangan Dalam Pemilihan Media

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan membagikan ilmu tentang Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Pemilihan Media. Apa saja faktor-faktor tersebut? Penasaran? Mari kita simak ilmu tersebut di bawah ini.


Faktor-Faktor Yang Harus Dipertimbangan Dalam Pemilihan Media

Faktor-Faktor Yang Harus Dipertimbangan Dalam Pemilihan Media itu ada beberapa macam, di antaranya yaitu:

  1. Objektifitas

Unsur subjektifitas guru di dalam memilih  media pengajaran harus dihindari. Artinya guru tidak boleh memilih media pengajaran sesuka hati atau kesenangan pribadi.

  1. Program pengajaran

Program pengajaran yang akan disampaikan kepada anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik isinya, strukturnya maupaun kedalamanya. Terkecuali jika program itu hanya dikasutkan untuk mengidi waktu senggang saja, daripada anak didik bermain tidak karuan.

  1. Sasaran program

Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangan dalam Pemilihan Media Yang dimaksut adaalah anak didik yang menerima informasi pengajaran melalui media pembelajaran. Pad usia tertentu atau tingkat tertentu anak didik mempunyai kemampuan tertentu pula, baik cara berfikirnya, daya imajinasinya, kebutuhan, ataupun  daya tahan dalam beljar. Maka media yang akan digunakan harus sesuai dengan tingkat perkembangannya.

Baca juga: (Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Lengkap dengan Referensinya)

  1. Situasai dan kondisi

Yang dimaksut disini yaitu situasi dan kondisi di sekolah dan anak didik yang akan mengikuti pelajaran.

  1. Kualitas teknik

Apakah media pengajaran yang akan digunakan itu sudah sesuai atau memenuhi syarat belom, jadi media pengajaran yang akan digunakan perlu diperhatikan.

  1. Efektifitas dan efisiensi penggunaan

Keefektifan berkenaan dengan hasil yang ingin dicapai, sedanglan efisiensi berkenaan dengan proses pencapaian hasil tersebut. Dalam penggunaan media keefektifan meliputi apakah dengan menggunakan media tersebut informasi pengajaran dapat diserap oleh anak didik, sedangkan efisiensi itu apakah dengan mengunakan media tersebut waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan tersebut sedikit mungkin .[1]


Referensi Buku

[1] Syaiful Bahri Djamaroh, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: 2010), Rineka Cipta, hal. 215-217.

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.