Macam-macam Media Pembelajaran dan Penggunaannya

Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Dilengkapi dengan Referensinya

Diposting pada

Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Dilengkapi dengan Referensinya

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang Prinsip-prinsip Pemilihan Media yang dilengkapi dengan referensi bukunya. Apa saja prinsip-prinsip pemilihan media itu? Penasaran? Mari kita simak ilmu tersebut di bawah ini.


Prinsip-Prinsip Pemilihan Media

Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut:

  1. Motivasi, Harus ada kebutuhan, minat, atau keinginan untuk belajar dari pihak siswa sebelum meminta perhatiannya untuk mengerjakan tugas dan latihan.
  2. Perbedaan individual, Siswa belajar dengan cara dan tingkat kecepatan yang berbeda-beda.
  3. Tujuan pembelajaran, jika siswa diberitahukan apa yang diharapkan ereka pelajri melalui media pembelajaran itu, kesempatan untuk berhasil dalam pembelajaran semakin besar.
  4. Organisasi isi, pembelajaran akan semakin mudah jika isi dan prosedur atau keterampilan fisik yang akan dipelajari diatur dan diorganisasikan kedalam urutan yang bermakna.
  5. Persiapan sebeum belajar, siswa sebaiknya telah menguasai secara baik pelajarn dasar atau memiliki pengalaman yang diperlukan secara memadai.Prinsip-Prinsip Pemilihan Media
  6. Emosi, pembelajaran yang melibatkan emosi dan perasaan akan sangat berpengaruh dan bertahan.
  7. Partisipasi, agar pembelajaran berjalan dengan baik seoarang siswa harus menginternalisasi informasi, tidak sekedar diberitahukan kepadanya.
  8. Umpan balik, hasil belajar dapat meningkat apabila secara berkala siswa diinformasikan kemajuan belajarnya.
  9. Penguatan (reinforcement), pembelajaran yang didorong oleh keerhasialan amat bermanfaat, dapat mebangun kepercayaan diri, dan secara positif mempengaruhi perilaku dimasa-masa yang datang. (Baca juga: (Langkah-langkah dalam Perencanaan Media Pembelajaran)
  10. Latihan dan pengulangan, agar pengetahuan atau keterampilan dapat menjadi bagian yang kompetensi atau kecakapan intelektual seseorang, haruslah pengetahuan itu sering diulangi dan dilatih dalm berbagai konteks. Dengan demikian ia dapat tinggal dalam ingatan jangka panjang.
  11. Penerapan, hasil belajar yang diinginkan adalah meningkatkan kemampuan seseoarng untukmenerapkan atau mentransfer hasil belajar pada masalah atau situasi baru.[1]

Referensi Buku

[1] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 72-74

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.