Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran

Fungsi dan kegunaan Media Pembelajaran Lengkap dengan Referensinya

Diposting pada

Fungsi dan kegunaan Media Pembelajaran Lengkap dengan Referensinya

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran yang dilengkapi dengan referensi bukunya. Apa fungsi dari media pembelajaran? dan apa kegunaan dari media pembelajaran? untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pelajari ilmunya di bawah ini.

Fungsi Media Pembelajaran

Dalam suatu proses belajar mengajar, media pembelajaran merupakan salah satu dari unsur yang sangat penting posisinya disamping metode mengajar. Menurut Azhar Arsyad salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar, yang ditata dan diciptakan oleh guru.[1] Sementara itu, Daryanto mengungkapkan bahwa media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa).[2]

Menurut Arief S. Sadiman dkk. Di dalam bukunya Media Pendidikan mengemukakan bahwa media pendidikan memiliki kegunaan sebagai berikut:

1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistik (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).

2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, seperti misalnya:

  • Objek yang kecil dapat dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar.
  • Gambar yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography.
  • Kejadian yang atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi.

3. Penggunaan media pendidikan yang tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik seperti meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kreativitas, dan memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.

4. Dengan sifat yang unik dan pengalaman yang berbeda yang dimiliki pada setiap siswa, tentu guru mengalami kesulitan bila mana semuanya harus diatasi sendiri. Oleh karena itu masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan media pendidikan seperti memberikan perangsang yang sama, menyamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama.[3]

Baca juga: Prinsip-prinsip Pemilihan Media Pembelajaran


Kegunaan Media Pembelajaran

Azhar Arsyad di dalam bukunya Media Pembelajaran yang mengutip dari Sudjana dan Rifai mengemukakan, bahwaFungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran manfaat/kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar siswa adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa.
  2. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dikuasai oleh siswa dan mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Metode mengajar menjadi lebih bervariasi sehingga siswa tidak mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga.
  4. Siswa lebih banyak melakukan aktivitas seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain sebagainya.[4]

Berdasarkan teori yang telah disampaikan oleh beberapa ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi media pembelajaran adalah sebagai alat bantu pembawa pesan/ informasi dari pengirim (guru) ke penerima pesan (siswa). Sedangkan kegunaan media pembelajaran dalam penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran kepada siswa sehingga dapat mempermudah siswa pada saat praktik. Media pembelajaran berguna sebagai alat bantu yang ikut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang diciptakan oleh guru tersebut.


Referensi Buku

[1] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013), hlm. 19.

[2] Daryanto, Media Pembelajaran. (Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2012), hlm. 8.

[3] Arief S. Sadiman, dkk., Media Pendidikan. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2010), hlm. 17-18.

[4] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013), hlm. 28.

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.