Kriteria-kriteria pemilihan media pembelajaran

Kriteriaan-kriterian Pemilihan Media Pembelajaran

Diposting pada

dosenmuslim.com-Dalam memilih media pembelajaran itu terdapat kriteria-kriteria yang harus diperhatikan, selain itu juga ada faktor-faktor yang harus dipertimbangkan juga. Dan apa saja kriteria-kriteria itu ? dan faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih media pembelajaran? untuk menjawab rumusan masalah tersebut, mari kita baca ilmu di bawah ini, semoga ilmu di bawah ini dapat bermanfaat untuk kita semua amin.

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Dalam proses belajar, ketepatan pemilihan media sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Oleh sebab itu, dalam pemilihan media hendaknya dilakukan secara optimal agar proses belajar dapat berlangsung secara efektif. Menurut Azhar Arsyad ada enam kriteria pemiihan media yang patut diperhatikan:

  1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai secara umum yaitu harus menyangkut pada salah satu atau gabungan dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
  2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang bersifat fakta, konsep, prinsip dan generalisasi.
  3. Praktis, luwes, dan bertahan.
  4. Guru terampil menggunakannya.
  5. Ketepatan pengelompokan sasaran.
  6. Mutu teknis dimana pengembangan visual maupun audio memenuhi persyarataan teknis tertentu.[1]

Baca juga: macam-macam media pembelajaran

Faktor Pertimbangan Pemilihan Media

Sementara Dick dan Carey di dalam buku Media Pendidikan karya Arief S. Sadiman, dkk. Mengemukakan, bahwa disamping kesesuaian dengan tujuan belajarnya, setidaknya ada empat faktor lagi yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu:

  1. Ketersediaan sumber setempat. Artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada, sehingga harus dibeli, atau harus dibuat.
  2. Ketersediaan dana, tenaga, dan fasilitasnya.
  3. Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama.
  4. Ektivitas biaya dalam jangka panjang.[2]

Dalam memilih media pembelajaran yang akan digunakan sebaiknya juga memperhatikan pengalaman hasil belajar apa saja yang akan diperoleh ketika menggunakan media pembelajaran tersebut. Pengalaman hasil belajar semakin banyak diperoleh apabila semakin banyak alat indera yang digunakan. Semakin banyak alat indera yang digunakan semakin besar kemungkinan informasi tersebut dapat dimengerti dan dipertahankan dalam ingatan siswa.


Daftar Pustaka

[1] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 75-76.

[2] Arief S. Sadiman, dkk., Media Pendidikan. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012), hlm. 86.

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I