Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Tematik

Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Tematik

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Tematik PAI

Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang tujuan dan manfaat pembelajaran tematik PAI yang dilengkapi dengan referensi bukunya. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari ilmu tersebut di bawah ini.


Tujuan Pembelajaran Tematik PAI

Tujuan dan manfaat pembelajaran tematik PAIPembelajaran tematik dikembangakan selain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan juga memiliki sejumlah tujuan lain:

  1. Agar peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu karena materi disajikan dalam kontek tema yang jelas.
  2. Agar peserta didik mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar aspek dalam satu tema.
  3. Agar pemahaman peserta didik terhadap aspek PAI lebih mendalam dan berkesan.
  4. Agar kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik karena mengaitkan berbagai aspek/topik dengan pengalaman pribadi dalam situasi nyata yang diikat dalam tema tertentu.
  5. Agar guru PAI dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk pendalaman.[1]

Baca juga: Pengertian Pembelajaran Tematik


Manfaat Pembelajarn Tematik PAI

Manfaat dari pembelajaran tematik PAI antara lain:

  1. Dengan mengembangkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi aspek akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi dikurangi bahkan dihilangkan.
  2. Peserta didik mampu melihat hubungan yang bermakna antara aspek atau pokok bahasan.
  3. Pembelajaran menjadi utuh sehingga peserta didik akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecah pecah.
  4. Dengan adanya pemaduan antara aspek pokok bahasan maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat.
  5. Bersifat fleksibel.
  6. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
  7. Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan.[2]

Refrensi Buku

[1]Departemen Agama RI, Pedoman Penyusunan Pembelajaran Tematik Pendidikan Agama Islam (PAI), ( Jakarta: Departemen Agama RI, 2009), hlm. 2.

[2]Ibid, hlm. 3


Baca juga: Pembelajaran Tematik

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.