Bacaan Al-Qur'an
Bacaan Al-Qur'an itu pahalanya dapat sampai kepada mayit

Apakah Pahala Bacaan Al-Qur’an dapat ditransfer kepada Mayit?

Diposting pada

Pahala Bacaan Al-Qur’an untuk Si Mayit

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dosenmuslim.com – Bertanya: Kang, bagaimana hukumnya membaca Al-Qur’an untuk si mayyit? apakah pahala bacaan Al-Qur’an dapat ditransfer kepada mayyit? mohon penjelasannya kang.

Jawab:

Para ulama Ahlussunnah menyepakati bahwa doa dan istighfar seorang muslim yang masih hidup untuk orang yang telah mati itu bermanfaat. Demikian juga membaca Al-Qur’an di atas kubur juga bermanfaat terhadap mayyit. Dalil diperbolehkannya membaca Al-Qur’an di atas kuburan adalah hadits bahwa Rasulullah SAW membelah pelepah kurma yang basah menjadi dua bagian, kemudian Nabi SAW menanamkan masing-masing di dua kuburan, dan Rasulullah berkata:

“Semoga keduanya mendapatkan keringanan siksa kubur selama pelepah kurma ini belum kering.”

Dapat diambil dalil dari hadits ini bahwa boleh menancapkan pohon dan membaca Al-Qur’an di atas kuburan. Jika pohon saja bisa meringankan adzab kubur, apalagi bacaan Al-Qur’an??? pasti sangat BISA.

Imam Nawawi berkata: “Para ulama mengatakan sunnah hukumnya membaca Al-Qur’an di atas kubur berdasarkan pada hadits ini. Sebab jika bisa diharapkan keringanan siksa kubur dari tasbihnya pelepah kurma, apalagi dari bacaan Al-Qur’an??

Jelas bacaan Al-Qur’an dari manusia itu lebih agung dan lebih bermanfaat daripada tasbihnya pohon. jika telah terbukti Al-Qur’an bermanfaat bagi sebagian orang yang ditimpa bahaya dalam hidupnya, maka si mayyit begitu juga.

Baca juga: Masalah-masalah seputar shalat dan dzikir

Dalil Lain

Bacaan Al-Qur'an
Bacaan Al-Qur’an itu pahalanya dapat sampai kepada mayit

Di antara dalil bahwa mayyit mendapat manfaat dari bacaan Al-Qur’an orang lain adalah hadits Ma’qil Ibnu Yasar, yang artinya:

“Bacalah surat Yaasin untuk mayyit kalian.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban dan di shahihkannya)

Hadits ini memang dinyatakan lemah oleh sebagian ahli hadits, tetapi Ibn Hibban mengatakan hadits ini shahih dan Abu Dawud diam (tidak mengometarinya)  maka dia tergolong hadits hasan (sesuai dengan istilah Abu Dawud dalam Sunnanya), dan Al-Hafidh As-Suyuthi juga mengatakan bahwa hadits ini Hasan.

Dalil yang lain adalah hadits Nabi yang artinya:

“Yasin adalah hatinya Al-Qur’an. Tidaklah dibaca oleh seorangpun karena mengharap ridlo Allah dan akhirat kecuali diampuni dosa-dosanya. Dan bacalah Yaasin ini untuk mayit-mayit kalian.” (HR. Ahmad)

Ahmad bin Muhammad Al-Marrudzi berkata: “saya mendengar Ahmad bin Hnbal –Semoga Allah merahmatinya– berkata: “Apabila kalian memasuki are pekuburan maka bacalah surat Al-Fatihah dan Mu’awwidatain dan surat Al-Ikhlas dan hadiahkanlah pahalanya untuk ahli kubur karena sesungguhnyapahala bacaan itu akan sampai kepada mereka.”

Baca juga : Dalil transfer pahala yang lain

Al-Baihaqy dalam As-Sunan Al-Kubra meriwayatkan dengan sanad yang shahih bahwa Ibnu Umar menganggap sunnah setelah mayit dikuburkan untuk dibacakan awal dan akhir surat Al-Baqarah. Salah seorang ulama Madzhab Hanbali , yakni Asy-Syaththi Al-Hanbali dalam komentarnya atas kitab Ghayah Al-Muntaha, hlm. 260 mengatakan: “Dalam Al-Furu’ dan Tashhih Al-Furu’ dinyatakan: “Tidak dimakruhkan membaca Al-Qur’an di atas kuburan dan di area pekuburan. Inilah yang ditegaskan oleh Imam Ahmad, dan inilah pendapat madzhab Hanbali. Kemudian sebagian menyatakan hal itu mubah, sebagian mengatakan mustahab (sunnah). Demikian juga disebutkan dalam Al-Iqna’.”

Kesimpulan

dosenmuslim.com-Jadi membaca Al-Qur’an dan pahalanya ditransfer kepada si mayyit itu bisa sampai dan bermanfaat. Demikianlah jawaban tentang pahala bacaan Al-Qur’an untuk mayyitWallahu A’lam

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I