Pedoman Rumah Tangga Bahagia sesuai Syari'at Part 3

Pedoman Rumah Tangga Bahagia sesuai Syari’at Part 3

Diposting pada

Pedoman Rumah Tangga Bahagia sesuai Syari’at Part 3

Semua laki-laki pasti mempunyai keinginan untuk memiliki istri yang shalihah, cantik, dan kaya. Akan tetapi tidak semua mendapatkan keinginan tersebut, karena jodoh ada di kekuasaan Allah SWT. Sungguh sangat beruntung laki-laki yang mendapat wanita yang shalihah, cantik, dan kaya, hanya saja sangat sedikit. Di antara wanita yang shalihah, cantik, dan kaya, manakah yang lebih utama??? Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang Pedoman Rumah Tangga Bahagia sesuai Syari’at Part 3 dengan tema sebagai berikut:

Nilai Istri yang Shalihah

عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما: أن رسول الله صلّى الله عليه وسلّم قال: الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ. (رواه المسلم)

Artinya: “Dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash ra., Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Dunia adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan adalah istri yang shalihah. (HR. Muslim)

Penjelasan

Pedoman Rumah Tangga Bahagia sesuai Syari'at Part 3Nabi Mengibaratkan dunia dengan perhiasan. Dan di antara perhiasan itu pasti ada yang terbaik, dialah istri yang shalilah. Dengan kata lain seorang laki-laki yang mendapatkan istri shalihah akan merasakan keindahan dunia ini, dan sebaliknya, bukan lagi keindahan yang dilihatnya kalau istri tidak shalihah tidak berakhlakul karimah, akan tetapi neraka dunialah yang dilihatnya.

Baca juga : Pedoman Rumah Tangga Bahagia sesuai Syari’at Part 2

Shalihah di sini maksutnya adalah istri yang baik akhlaknya kepada Allah, manusia, dan lingkungan sekitar atau biasa disebut dengan hablumminallah wahablumminannas. Walau ada seorang wanita yang baik akhlaknya hanya kepada Allah akan tetapi kepada sesama manusia dan lingkungan buruk, maka belum dapat dianggap baik akhlaknya. Begitupun sebaliknya, kalau ada ada wanita yang akhlaknya baik kepada manusia akan tetapi kepada Allah sangatlah buruk, maka belum juga dianggap baik akhlaknya. Oleh sebab itu yang dimaksud shalihah adalah baik akhlaknya kepada Allah, manusia, dan lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Jadi sungguh sangatlah beruntung bagi laki-laki jika mendapatkan wanita yang shalihah, karena wanita shalihah sangatlah mahal harganya. Oleh sebab itu, sebelum kita mencari perhiasan tersebut sungguh sangat sepatutnya kita sebagai laki-laki memperbaiki dulu akhlak kita dan hati kita agar menjadi perhiasan sama seperti perhiasan wanita shalihah. Perhiasan hanya cocok bersandingan dengan perhiasan.

Begitulah ilmu tentang pedoman keluarga bahagia sesuai syari’at part 3, semoga bisa bermanfaat amin. 🙂

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.