Makanan Pendongkrak Kesuburan

Makanan Pendongkrak Kesuburan Laki-laki dan Perempuan

Diposting pada

Fertilitas atau masalah kesuburan adalah suatu masa ketika wanita mampu memproduksi sel telur yang layak dan pria menghasilkan sperma yang kuat maupun sehat.

Sebuah studi menunjukkan masalah kesuburan pasangan 40% karena faktor wanita, 40% karena faktor pria, dan 20% lagi akibat kombinasi masalah pada pria dan wanita.

Salah satu unsur yang dapat meningkatkan kesuburan dan libido suami-istri adalah melalui pola makan yang tepat dan seimbang, sehingga bisa menjadi terapi kesuburan bagi pasangan yang baru menikah dan yang mengharapkan keturunan lebih cepat.

Kondisi kesehatan setiap pasangan mempengaruhi terhadap kesuburan mereka. Oleh sebab itu sangat penting untuk menerapkan pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur. Karena dengan begitu dapat menjadikan kesehatan dan kebugaran seksual dapat terjaga.

Makanan Pendongkrak Kesuburan Pria

Salah satu cara mendongkrak kesuburan secara alami adalah melalui konsumsi makanan tertentu. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Dan di antara makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Vitamin C

Makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan dapat membantu pencegahan cacat pada sperma dan meningkatkan gerakan sperma. Makanan yang mengandung vitamin  C adalah tomat dan jeruk.

Kadar likopen dalam jeruk ternyata mengandung senyawa alami antioksidan yang cukup besar. Sedangkan tomat berkhasiat meningkatkan vitalitas, sehingga sperma yang dihasilkannya pun akan melimpah dan subur serta gerakannya akan kuat.

2.  Asam Folat

Pasangan suami istri yang berencana memiliki keturunan, sebaiknya memulai mengonsumsi asam folat kurang lebih 3 bulan sebelum terjadinya kehamilan. Asam folat dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria. Di antara makanan yang mengandung asam folat adalah sayur-sayuran hijau, biji-bijian, dan jeruk.

3.  Kalsium/ Vitamin D

Kebutuhan kalsium bagi pria sangatlah besar. Selain sebagai pencegah osteoporosis, kalisium juga berfungsi menjaga kesuburan pria. Begitu juga dengan hal nya vitamin D. Di antara makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D adalah keju, yoghurt, susu, ikan sardine, sayuran hijau, dll.

4.  Zat Seng (Zinc)

Zat seng berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Zat seng pada umumnya terdapat pada keras, kuning telur, daging merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Baca juga : Hubungan Seks yang Tepat dan Nikmat dan Cepat Hamil

Makanan Pendongkrak Kesuburan Wanita

Gizi dan nutrisi yang optimal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan dan perkembangan calon janin. Namun tidak semua nutrisi yang terdapat dalam makanan dibutuhkan oleh janin. Oleh sebab Anda harus mengetahui nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Adapun jenis nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan wanita dan sangat diperlukan oleh bakal janin adalah sebagai berikut:

1.  Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi penting yang tidak dapat ditawar lagi untuk mendukung hormon reproduksi/ kesuburan. Vitamin B6 ini terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, kecambah, dan biji-bijian.

2.  Asam Folat

Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tulang otak bakal janin. Asam folat terkandung dalam sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, asparagus, jeruk, dll.

3.  Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan faktor pendukung yang dibutuhkan saat hamil. Vitamin C biasanya terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, mangga, tomat, dan sebagainya.

4.  Zat Besi (Fe)

Calon ibu yang mengalami anemia bisa memicu terjadinya kasus sulit hamil. Oleh sebab itu, Zat Besi menjadi unsur penting dalam meningkatkan sel darah merah. Zat besi banyak terdapat pada hati, daging merah (sapi, kerbau, domba, dan ayam), kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

5.  Air

Terapi air saat ini sedang digalakkan untuk meningkatkan kesuburan. Terapi ini berpotensi meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan, seperti testosterone dan estrogen. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan terapi ini dengan minum air putih 8 – 10 gelas per hari.

Baca juga : Susah Hamil? Baca ini juga

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.