Hidup Sehat

Hidup Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

Diposting pada

Kehamilan yang sehat dan sesuai harapan merupakan keinginan semua pasangan. Selain faktor makanan dan kesuburan, pasangan suati-istri juga harus memperhatikan pola hidup sehat. Di antara hal-hal yang harus dilakukan dalam hidup sehat adalah sebagai berikut:

Jujur dengan Masalah yang Sedang Dihadapi

Pertama jujur pada diri Anda sendiri, bahwa Anda memang manusia biasa yang tidak luput dari lupa dan salah. Namun, Anda harus percaya, bahwa dalam ketidaksempurnaan Anda Allah SWT masih memberikan Anda anugerah, yakni berupa semangat dan pantang menyerah untuk berusaha. Selain itu juga Anda harus percaya, bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan kepada makhluk-Nya di luar batas kemampuan.

Kedua, jujur kepada pasangan Anda, bahwa apapun yang Anda alami Anda harus ceritakan kepada pasangan Anda dengan melihat waktu dan keadaan yang tepat. Karena sesungguhnya manusia merupakan makhluk yang membutuhkan orang lain. Bisa jadi dengan Anda cerita kepada pasangan Anda kemudian akan mendapat bantuan yang meringankan beban Anda.

Hindarilah stres, depresi, dan pikiran-pikiran negatif tentang kehamilan Anda. Tanamkan keyakinan kepada diri Anda, bahwa kehamilan adalah hak Anda dan pasangan yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT. Dengan begitu anda telah menerapkan hidup sehat.

Olaharaga yang Teratur

Terdapat pepatah yang mengatakan, ‘men sana in corpore sano‘ yang berarti bahwa dalam fisik yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Jadi luangkanlah waktumu walau hanya 10 menit untuk berolahraga ringan, seperti joging keliling komplek atau senam ringan di dalam rumah.

Selain itu juga olahraga dapat mencegah dari penyakit. Percayalah bahwa fisik yang kuat, jiwapun akan ikut kuat. Dengan begitu, dalam kondisi kesehatan yang prima, proses ovulasi / kesuburan pun akan berjalan sehat dan prima.

Baca juga : Makanan Pendongkrak Kesuburan

Konsumsi Makanan Sehat

Hidup Sehat
Gambar Gizi Seimbang

Apakah menurut Anda hanya dengan olahraga saja sudah cukup? tentu saja belum. Manusia merupakan makhluk yang membutuhkan makanan. Tetapi makanan apa yang dibutuhkan manusia agar segera memperoleh momongan? Iya betul makanan sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi gizi seimbang. Jika dulu anda mengenal makanan dengan istilah empat sehat lima sempurna, maka selain itu Anda juga harus menerapkan pedoman gizi seimbang.

Masa mempersiapkan kehamilan disebut dengan window of opportunity atau kesempatan singkat untuk melakukan sesuatu yang menguntukan. Pada bidang gizi, waktu tersebut hanya berkisar dari sebelum kehamilan sampai umur anak sekitar 2 tahun. Dan masa ini disebut masa emas, karena jika calon ibu kekurangan gizi, dan berlanjut hingga masa kehamilan, maka janin pun akan kekurangan gizi.

Jika janin kekurangan gizi, maka dapat berisiko pada masalah gizi anak, keterlambatan perkembangan, mudah terkena penyakit, kecerdasannya terganggu, dan berisiko mengalami penyakit degeneratif.

Dan gizi seimbang dapat dimulai dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari, memenuhi kebutuhan karbohidrat (makanan pokok dan sayuran), vitamin (buah-buahan), protein (susu, telur, ikan, dll).

Baca juga : Hubungan Seks yang Tepat dan Nikmat Agar Cepat Hamil

Hindari Alkohol, Rokok, dan Kafein

Apa gunanya jika berolahraga dan makan makanan sehat dan bergizi, akan tetapi masih mengonsumsi alkohol, rokok, dan kafein?

Jika Anda telah benar-benar siap dengan rencana kehamilan, maka Anda harus memutuskan hubungan dengan ketiga hal tersebut di atas. Terutama Alkohol, karena hal tersebut dapat memicum cacat dan kelainan pada janin

Baca juga : Informasi Lengkap tentang Gaya Hidup Sehat

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.