Materi PAI dan BP K13

Materi PAI Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Diposting pada

Kata Pengantar Mata Pelajaran PAI dan BP

Pendidikan agama Islam dan budi pekerti merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di dalam satuan pendidikan, baik SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA. Materi PAI dan BP ini sangatlah penting untuk diajarkan. Hal tersebut dikarenakan agar murid-murid dalam beragama bertambah yakin dan mantap, tidak mudah goyah imannya, dan agar dapat hidup sesuai dengan ajaran Islam.

Materi yang diajarkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti banyak sekali dan materi-materi tersebut didesain sesuai tingkatan-tingkatan yang ada. Selain itu juga melihat kemampuan murid-murid. Setidaknya ada materi pokok yang wajib di ajarkan dalam mata pelajaran ini, yaitu Iman atau akidah, Islam atau syariah, ihsan atau akhlak. Selain dari ketiga tersebut merupakan ilmu bantu untuk mempermudah dalam memahaminya. Walaupun sebagai ilmu bantu, tetapi hukumnya tetap wajib mempelajarinya, karena jika suatu ilmu pokok yang wajib dipelajari tidak dapat sempurna tanpa ilmu bantu, maka mempelajari ilmu bantu hukumnya wajib pula.

Baca juga: Cara Memilih Media Pembelajaran yang Tepat

Materi PAI dan BP K13
PAI dan BP K13 Revisi 2017

Materi Mata Pelajaran PAI dan BP

Materi-materi mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti antara satuan pendidikan SD dengan SMP maupun dengan SMA berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap tingkatan mempunyai perkembangan yang berbeda-beda.

Materi PAI dan BP yang di ajarkan dalam satuan pendidikan tingkat SMP di antaranya tentang Imam kepada Allah, mempelajari sikap jujur, amanah, dan istiqamah, bersuci dari hadats dan najis, shalat berjamaah, sejarah nabi SAW di makkah, pentingnya ilmu pengetahuan, iman kepada malaikat, mempelajari sikap empati dan hormat, shalat jum’at, shalat jamak qashar, dan sejarah nabi SAW di madinah. Materi-materi tersebut dapat diperoleh dengan cara men-download pada link yang tercantum di bawah ini.

Klick pada tulisan download di bawah ini

BAB 1 Lebih Dekat dengan Allah SWT yang Sangat Indah Nama-Nya [Download]

BAB 2 Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah [Download]

Bab 3 Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman [Download]

BAB 4 Indahnya Kebersamaan dengan Jamaah [Download]

BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku [Download]

BAB 6 Dengan Ilmu Pengetahuan Semua menjadi Lebih Mudah [Download]

BAB 7 Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah SWT [Download]

BAB 8 Berempati Itu Mudah dan Menghormati itu Indah [Download]

BAB 9 Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu [Download]

BAB 10 Islam Memberikan Kemudahan melalui Shalat Jamak dan Qashar [Download]

BAB 11 Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan [Download]

BAB 12 Al-Khulafa’u Ar-Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad SAW [Download]

BAB 13 Hidup Menjadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf [Download]

Baca juga: Keutamaan Shalat Dhuha Menurut Hadits Shahih

Penutup

Demikianlah penjelasan dan link materi PAI dan BP yang dapat kami sampaikan. Semoga bapak ibu guru lebih mudah dalam memberikan materi kepada siswa, baik dalam pembelajaran tatap muka maupun online, aamiin. Dan jangan lupa bagikan link-link materi di atas agar banyak bapak ibu guru PAI dan BP yang memanfaatkannya. Semoga tulisan ini memberikan manfat kepada semua pembaca, aamiin.

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.