Media Pembelajaran Berbasis Cetakan dan Komputer

Media Pembelajaran Berbasis Cetakan dan Komputer

Diposting pada

Media Pembelajaran Berbasis Cetakan dan Komputer

Dari dulu hingga sekarang pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena dengan adanya pendidikan maka manusia dapat menumbuhkembangkan bakat-bakatnya secara optimal. Banyak sekali yang dapat membantu pendidikan agar pendidikan dapat menjadi efektif dan efisien, di antaranya yaitu adanya tujuan, visi dan misi, kurikulum, media pembeajaran, dan lain-lain. Akan tetapi banyak pendidikan yang sekarang ini kurang pas dalam pemilihan media pembelajaran, yang mana kesalahan ini akan mengakibatkan kurang efektifnya sebuah pembelejaran. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini www.dosenmuslim.com akan menebar ilmu tentang media pembelajaran berbasis cetakan dan komputer, yang mana di dalamnya jga di cantumkan referensinya. Kurang lebih yang akan di bahas adalah Apa itu media pembelajaran berbasis cetakan? dan Apa itu media pembelajaran berbasis komputer?


Media Berbasis Cetakan

Materi pembelajaran berbasis cetakanMedia Pembelajaran Berbasis Cetakan dan Komputer yang paling umum dikenal adalah buku teks, buku penuntun, jurnal, majalah, dan lembaran lepas. Teks berbasis cetakan emnuntut enam elemen yang perlu diperhatikan pada saat merancang, yaitu konsistensi, format, organisasi, daya tarik, ukuran huruf dan penggunaan spasi kosong.

Pembelajaran berbasis teks yang interaktif mulai populer pada tahun1960-an dengan istilah pembelajaran terprogram (programmed instruction) yang merupkan materi untuk belajar mandiri.[1]

Baca juga: Pengertian Media Pembelajaran Lengkap dengan Referensinya

Media Berbasis Komputer

Media Pembelajaran Berbasis Cetakan dan KomputerKomputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan latihan. Komputer berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama computer-Managed Instruction (CMI). Ada juga peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan atau keduanya. Modus ini dikenal dengan Computer- Assisted Instruction (CAI). CAI mendukung pembelajaran dan pelatihan akan tetapi ia bukanlah penyampai utama.[2]

Secara umum penggunaan media berbasis komputer sebagai media pembelajaran mengikuti proses instruksional yaitu:

  1. Merencanakan, mengatur dan mengorganisasikan dan menjadwalkan pengajaran
  2. Mengevaluasi siswa (tes)
  3. Mengumpulkan data mengenai siswa
  4. Melakukan analisis statistik mengenai data pembelajaran
  5. Membuat catatan perkembangan pembelajran (kelompok atau perorangan).[3]

Baca juga: Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan


Referensi Buku

[1] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 87.

[2] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 95

[3] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 96

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.