Media Pembelajaran Berbasis Manusia

Media Pembelajaran Berbasis Manusia Lengkap dengan Referensinya

Diposting pada

Pendahuluan

Sudah lama dosenmuslim.com tidak berbagi ilmu kepada teman-teman semua. Oleh sebab itu, Pada kesempatan kali ini dosenmuslim.com akan berbagi ilmu tentang Media Pembelajaran Berbasis Manusia yang dilengkapi dengan referensinya.

Kurang lebih pembelajaran pada kesempatan kali ini terkait tentang; apa media pembelajaran berbasis manusia itu? apa saja teknik yang ada dalam media berbasis manusia? dan lain-lain. Oke langsung saja agar lebih jelas mari kita pelajari ilmu tersebut di bawah ini.


Media Pembelajaran Berbasis Manusia

Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mgkomunikasikan pesan atau informasi. Salah satu yang terkenal adalah gaya tutorial socrates. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan pembelajaran siswa. Misalnya media manusia dapat mengrahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu kewaktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar.[1]

Media Pembelajaran Berbasis ManusiaMedis berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada maslah dan bertanya ala socrates dan rancangan pembelajran yang berpusat pada masalah dibangun berdasarkan masalah  yang harus dipecahkan oleh pelajar.[2]

Baca juga: Media Pembelajaran Berbasis Cetakan dan Komputer

Salah satu faktor penting dalam pembelajaran media berbasis manusia ialah rancangan pelajran yang interaktif. Dengan adanya manusia sebagai pemeran utama dalam proses belajar maka kesempatan interaksi semakin terbuka lebar. Pelajaran interaktif mendorong partisipasi siswa dan jia digunakan dengan baik dapat mempertinggi hasil belajar dan pengalihan pengetahuan. Pembelajarn interaktif dapat direalisasikan dalam beberapa bentuk diantaranya adalah:

  1. Pembelajaran partisipatori

Jenis pembelajaran yang dimulai dengan sesi curah pendapat dari seluruh siswa.

  1. Pembelajaran main peran

Pembelajaran yang dimulai dengan main peran yang diberita tahapan dengan pelaku yang terdiri dari siswa dengan sukarela.

  1. Pembelajaran kuistim

Dimulai dengan mengumumkan bahwa akan ada kuis pada akhir pelajaran.

  1. Pembelajaran kooperatif

Dimulai dengan menciptakan tim-tim atau kelompo yang bertanggungjawab untuks saling mengajar pengetahuan atau keterampian khusus.

  1. Debat terstruktur

Amat bermanfaat jika ada bitur-butir informasi penting atau pandangan yang berlawanan.

  1. Pembelajaran 99 detik

Merupakan rancangan pembelajaran yang membantu siswa memproses informasi dengan meminta siswa mengorganisasikan seara singkat informasi kedalam penyajian yang tidak lebih dari 99 detik.[3]

Lihat  Vidio: Cara Mengajar menggunakan Media Berbasis Manusia


Referensi Buku

[1] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 82.

[2] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 82

[3] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A, Media Pembelajaran (Jakarta: 2007), PT RajaGrafindo Persada, hal. 82-87

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.