Tujuan Bimbingan Koseling

Tujuan Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

Diposting pada

Tujuan Bimbingan Konseling

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang tujuan bimbingan konseling lengkap beserta referensinya. Perlu diketahui sebelumnya bahwa bimbingan konseling itu sangat penting, karena anak didik seyogyanya membutuhkan seorang pembimbing dan konselor untuk mengembangan kan bakatnya. oke mari kita bahas tujuan tersebut di bawah ini.


Pembahasan

Bimbingan dan konseling menempati bidang pelayanan pribadi dalam keseluruhan proses dan kegiatan pendidikan. Dalam hubungan ini pelayanan bimbingan dan konseling diberikan kepada siswa dalam rangka upaya agar siswa dapat menemukan pribadi, mengenai lingkungan dan merencanakan masa depan.

Bimbingan dalam rangka menemukan pribadi, dimaksudkan agar peserta didik mengenai kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri serta menerimanya secara positif dan dinamis sebagai modal pengembangan diri lebih lanjut.

Bimbingan dalam rangka mengenal lingkungan, dimaksudkan agar peserta didik mengenal lingkungannya secara obyektif, baik lingkungan sosial dan ekonomi, lingkungan budaya yang sangat sarat dengan nilai-nilai dan norma-norma, maupun lingkungan fisik dan menerima berbagai kondisi lingkungan itu secara positif dan dinamir pula.

Sedangkan bimbingan dalam rangka merencanakan masa depan, dimaksudkan agar peserta didik mampu mempertimbangkan dan mengambil keputusan tentang masa depan dirinya, baik yang menyangkut bidang pendidikan, bidang karier maupun bidang budaya, keluarga dan masyarakat.[1]

Tujuan Bimbingan Koseling


Baca juga: Fungsi Bimbingan Konseling


Adapun tujuan bimbingan dan konseling di sekolah dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu tujuan umum, tujuan khusus, dan tujuan akhir.

  1. Secara umum, bimbingan dan konseling mempunyai tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan, yaitu tercapainya perkembangan kepribadian yang optimal dan harmonis di antara unsur-unsumya yang meliputi fisik, mental, emosional, sosial, dan moral, bahkan spiritual.
  2. Secara khusus, bimbingan dan konseling bertujuan membantu siswa dalam menentukan pilihan-pilihannya yang tepat, sebab kesalahan dalam menentukan pilihan dapat menimbulkan masalah baru yang mungkin lebih buruk.
  3. Adapun tujuan akhir bimbingan dan konseling adalah agar siswa yang dibimbing dapat membimbing dirinya [2]

Refrensi Buku

[1]  Hallen A., Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), cet. I, h.57-59.

[2]  Paimun, Bimbingan dan Konseling, (Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, 2005), h. 15-16.

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I