Cara Tepat Memilih Dokter Kandungan

Cara Tepat Memilih Dokter Kandungan

Diposting pada

Anda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda, salah satunya adalah dengan memilihkan dokter kandungan yang tepat. Manfaat memilih dokter kandungan sama besarnya dengan menjaga kandungan itu sendiri.

Sebab, melalui sang dokterlah Anda dapat mengetahui perkembangan janin setiap minggu atau bulan. Sehingga Anda dna buah hati terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, perlu beberapa pertimbangan dalam memilih dokter kandungan. Dan pertimbangan-pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut:

Cari Informasi

Mencari informasi tentang dokter kandungan sangatlah penting, karena dengan begitu Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki setiap dokter. Sehingga Anda akan mendapatkannya yang cocok dansesuai keinginan.

Anda dapat mencari dokter tersebut melalui teman ataupun saudara yang pernah memeriksakan kandungannya. Selain itu, juga bisa dari media-media cetak atau elektronik yang memberikan informasi seputar dokter kandungan di dekat rumah Anda.

Pertimbangkan Lokasi

Ketika Anda sedang memilih dokter, hal yang penting juga mempertimbangkan lokasinya. Jika jaraknya terlalu jauh dan sulit dijangkau dari rumah, maka hal tersebut hanya akan mempersulit masa hamil tua Anda. Sebab, ketika kandungan sudah besar, Anda cenderung cepat lelah, sehingga akan sangat berbahaya untuk Anda dan bayi Anda diperjalanan.

Baca juga : Hubungan Seks yang Tepat Agar Mudah Hamil

Dokter Wanita atau Pria?

Dokter wanita atau pria bukanlah jadi masalah utama. Meskipun ada beberapa wanita yang kurang nyaman dengan dokter pria. Hal yang penting untuk Anda jadikan pertimbangan adalah dokter tersebut komunikatif dan siap membantu Anda, serta bukan tipe dokter yang caesar minded (mudah memberi keputusan untuk bedah cesar tanpa alasan yang kuat).

Ada Kebutuhan Spesifik

Semisal Anda memiliki riwayat kesehatan khusu dan memerlukan pengobatan tertentu, seperti diabetes atau terkena leptospirosis, maka ada baiknya Anda memilih dokter yang berpengalaman dalam menangani kasus kehamilan seperti itu.

Baca juga : 11 Tanda-tanda Wanita Positif Hamil

Terkendala Biaya Ke Bidan Saja

Perlu diingat bahwa biaya periksa ke dokter kandungan tentu tidaklah murah. Obat yang diberikan juga bukan obat yang bisa dibeli dengan mudah.

Jika Anda mempertimbangkan faktor finansial dalam memeriksakan kandungan, maka tidak ada salahnya jika Anda memilih Budan saja. Hal tersebut dikarenaka selain biaya periksanya terjangkau. Budan juga cukup berpengalaman menangani kehamilan dan persalinan seperti dokter. Karena memang bidan fokusnya menangani kandungan.

Baca juga : Perbedaan Bidan dengan Dokter Kandungan

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.