fungsi makanan bagi ibu hamil

Fungsi Makanan Bagi Ibu Hamil

Diposting pada

Apa yang Anda makan akan menentukan bagaimana keadaan Anda dan janin. Itulah prinsip yang harus Anda ingat. Jika Anda mengatur pola makan dengan baik dan benar, maka kondisi Anda dan janin pasti akan baik dan sehat, serta tidak akan ada masalah. Itulah salah satu fungsi dari makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil.

Hal ini berbeda jika Anda makan makanan sembarangan dan tidak memperhatikan nutrisi dalam makanan. Bisa saja hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, seperti keguguran, bahkan hingga bayi pun bisa cacat. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui fungsi-fungsi dari makanan bagi ibu hamil lebih mendalam, agar Anda lebih berhati-hati dalam memakan makanan untuk kesehatan Anda dan janin Anda.

Baca juga : Cara tepat memilih dokter kandungan

Fungsi-fungsi Makanan Bagi Ibu Hamil

Makanan yang baik dan benar sangatlah penting bagi ibu hamil. Karena dengan itu semua ibu hamil dan janinnya akan terjada dari suatu hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu ibu hami harus mengetahui fungsi-fungsi makanan bagi dirinya. Dan fungsi-fungsi tersebut di antara yaitu:

  1. Makanan akan menjaga pasokan energi agar Anda tetap bugar dan tidak mudah lemas untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Ingat, tubuh Anda bekerja dua kali lipat dari tubuh wanita yang tidak hamil. Jadi, Anda sangat membutuhkan makanan yang baik dan benar untuk diri Anda dan janin.
  2. Makanan yang sehat dan mengandung nutrisi dapat membantu ibu hamil dalam menangani masalah kurang gizi, anemia, kekurangan zat tertentu atau penyakit dan komplikasi selama kehamilan. Selain itu juga komplikasi dan gangguan saat bersalin pun dapat dicegah, misalnya mencegah kekurangan energi kronis bagi ibu untuk mengejan.
  3. Kelebihan berat badan (overweight) dapat dicegah dengan makanan.
  4. Makanan akan menjamin janin Anda untuk tetap tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal.
  5. Berat badan bayi akan terjamin normal dan sehat.

Dengan memperhatikan beberapa fungsi makanan bagi ibu hamil tersebut, maka jangan pernah menerapkan prinsip trial and error dalam makanan Anda. Stop untuk mencoba-coba! Sekarang, saatnya Anda harus menjaga kesehatan dengan makanan yang baik dan sehat.

Baca juga : Makanan Pendongkrak Kesuburan

Ajakan Hal yang Positif

Terima kasih banyak kepada Anda semua telah berkunjung ke website dosenmuslim.com. Kami mengajak kepada Anda semua men-support website ini dengan menjadi pelanggan GRATIS. Keuntungannya Anda semua akan selalu mendapatkan informasi dan ilmu terbaru dari website dosenmuslim.com ini. Caranya sangatlah mudah, Anda cukup mengisi kolom pelanggan di atas bagian pojok kanan. Sekali lagi terima kasih dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang lainnya.

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.