Pengertian Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Diposting pada

Pengertian Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pengertian kurikulum pendidikan Agama Islam, yang mana di dalamnya juga lengkapi dengan referensinya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas di bawah ini.


Pembahasan

Pendidikan agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah adalah merupakan bagian dari kurikulum yang tidak dipisahkan dari mata pelajaran lain.

pengertian kurikulum pendidikan agama IslamAdapun yang dimaksud dengan kurikulum menurut konsepsi yang baru adalah sebagai berikut: “Kurikulum adalah semua pengetahuan, kegiatan-kegiatan atau pengalaman-pengalaman belajar yang diatur dengan sistematis metodis, yang diterima anak untuk mencapai suatu tujuan .[1]

Secara tradisional kurikulum diartikan sebagai mata pelajaran yang diajarkan disekolah. Sedangkan difinisi kurikulum yang populer ialah segala pengalaman anak di sekolah di bawah bimbingan sekolah.[2]

Sesuai dengan pengertian kurikulum secara umum, maka dapatlah diambil suatu pengertian kurikulum pendidikan agama Islam yaitu bahan-bahan pendidikan agama Islam berupa kegiatan, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan sistematis yang diberikan kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan agama Islam.

Dengan demikian kurikulum pendidikan agama Islam adalah merupakan totalitas dari suatu lembaga pendidikan baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang berdasarkan ajaran agaman Islam.


Baca juga: Macam-macam Metode Pendidikan Agama Islam


DAFTAR PUSTAKA

Hamdani Ihsan & Fuad Ihsan. 1998. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Pustaka Setia.

Zuhairini, et.al, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Malang, Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.


Refrensi Buku

[1] Zuhairini, et.al, Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Malang, Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 1983) hal. 59.

[2] Hamdani Ihsan & Fuad Ihsan,  Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung, Pustaka Setia, 1998), hal. 132.

Pendidikan Formal : 2003 - 2009 SD N Tugu 1 Sayung Demak, 2009 - 2012 MTs Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2012 - 2015 MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak, 2015 - 2019 PAI S-1 Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020 - 2022 PAI S-2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Informal : 2009 - 2015 PonPes Futuhiyyah Mranggen Demak, 2015 - 2017 PonPes Al Munawwir Krapyak Bantul Yogyakarta, 2017 - 2019 PonPes Baitul Qur'an Daarut Tauhiid Yogyakarta.