Syarat-syarat Wajib Shalat

Syarat Wajib Shalat dalam Pandangan Fiqih

Diposting pada

Prolog Syarat-syarat Shalat

kita semua pasti ingin shalat kita diterima oleh Allah SWT.  Maka sudah seharusnya kita harus perhatikan ketentuan-ketentuan. Adapun ketentuanya dalam shalat fardlu maupun shalat sunnah meliputi: syarat-syarat wajib shalat, syarat-syarat sah shalat, rukun shalat, sunah dalam shalat, dan hal-hal yang membatalkan shalat. Pada pembahasan ini, pertama penulis akan membahas tentang syarat-syarat wajib shalat.

Syarat Wajib Shalat

Syarat adalah sesuatu yang harus dipenuhi bagi orang yang hendak mengerjakan sesuatu. Apabila ada syarat yang tidak dipenuhi, maka suatu pekerjaan dianggap batal dan tidak sah.

Begitu juga dengan shalat. Shalat mempunyai dua syarat, yaitu syarat wajib shalat dan syarat sah shalat. Pembasahan kali ini akan membahas tentang syarat wajib shalat.

Baca juga: Hukum Shalat dengan Menggunakan kaos kaki

Syarat wajib shalat meliputi hal yang menyebabkan seseorang diwajibkan shalat. Adapun syarat wajib shalat sebagai berikut:

1. Beragama Islam

Oraang yang tidak beragama Islam tidak wajib shalat.

2. Mukallaf atau akil baligh

Yaitu anak yang sudah dewasa atau tamyiz. Bagi anak laki-laki dikatakan dewasa ketika berusia 15 tahun atau sudah pernah mimpi basah. Sedangkan anak perempuan dikatakan dewasa ketika sudah pernah mengalami haid atau menstruasi walaupun belum berusia 15 tahun.

3. Berakal sehat

Orang gila tidak wajib shalat.

4. Suci dari hadas dan najis.

Laki-laki yang sedang hadas kecil maupun besar (jinabat/ihtilam) tidak boleh mengerjakan shalat. Bagi perempuan yang sedang hadas kecil, sedang haid atau nifas tidak wajib mengerjakan shalat. Dan bagi laki-laki dan perempuan 3 tempat harus bersih dari najis, yaitu badan, pakaian, dan tempat.

5. Sudah menerima seruan dakwah Islam

Umat yang belum pernah menerima seruan dakwah tidak wajib shalat. Berdasarkan firman Allah SWT yang artinya:

“Dan barang siapa tersesat maka sesungguhnya (kerugian) itu bagi dirinya sendiri. Dan seseorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, tetapi Kami tidak akan menyiksa sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isra’/17: 15)

Semoga pembahasan tentang syarat wajib shalat ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua khususya bagi pembaca amin. Dan untuk pembahasan yang syarat sah shalat silahkan klik link di bawah ini.

link: Syarat Sah Shalat

iklan
Gambar Gravatar
Selamat datang di www.dosenmuslim.com Website ini merupakan referensi terperacaya para mahasiswa, karena wabsite ini di dalamnya memuat penemuan atau penilitian dari para pakar yang sudah dikumpulkan di dalam buku. Salam Muda Berkarya Editor M. Nasikhul Abid, S.Pd.I